Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil Dan Kandungan Gizinya. Kacang hijau atau dengan nama lainnya Phaseolus Aereus termasuk dalam jenis polong-polongan yang sangat sering dikonsumsi oleh kita. Kita sering mendapati kacang hijau diolah menjadi makanan yang enak diantaranya bubur, sari kacang hijau atau sebagai kumbu onde-onde. Beberapa orang biasa menggunakan kacang hijau sebagai bahan yang utama dalam membuat peyek untuk mengganti kacang tanah.

Walaupun kacang hijau ini memiliki bentuk yang mungil, namun kacang hijau memiliki protein nabati yag sangat tinggi. Tidak hanya itu, kacang hijau ini juga merupakan sumber mineral yang sangat cukup penting bagi tubuh. Maka tidak salah jika ahli gizi menyarankan para balita mengkonsumsi kacang hijau, karena nutrisi yang dimiliki oleh kacang hijau baik bagi pertumbuhan balita.


Nama latin dari kacang hijau atau Phaseolus Aureus merupakan famili dari leguminoseae yaitu polong-polongan. Kandungan protein yang ada dalam kacang hijau cukup tinggi. Kacang hijau juga salah satu sumber mineral yang penting, diantaranya : kalsium juga fosfor yang diperlukan bagi tubuh. Sementara itu kandungan lemak dari kacang hijau terdiri dari 23% asam lemak jenuh dan sisanya 73% nya asam lemak tak jenuh. Sehingga kacang hijau aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja termasuk yang memiliki berat badan berlebih dan ibu hamil. (Baca juga: ibu hamil muda)

Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil Dan Kandungan Gizinya

Kandungan yang terdapat dalam kacang hijau


  • Protein Tinggi. Protein yang terkandung dalam kacang hijau sebanyak 24%. Dalam menu sehari-hari, kacang-kacangan sebagai alternatif mendapatkan protein nabati yang terbaik. Menurut tradisi, ibu yang seang hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi olahan kacang hijau agar kelak bayi yang akan dilahirkan memiliki rambut yang lebat. Pertumbuhan sel dalam tubuh salah satunya sel rambut sangat memerlukan asupan gizi terutama protein.
  • Kalsium juga Fosfor. Kandungan kalsium juga fosfor di dalam kacang hijau sangan bermanfaat bagi tulang.
  • Kandungan serat yang terdapat pada kacang hijau dapat membantu melancarkan juga menjaga kesehatan pada saluran pencernaan.
  • Karbohidrat Kompleks. Saat mengkonsumsi olahan kacang hijau, biasanya akan terasa kenyang yang lebih lama. Itu dikarenakan karbohidrat kompleks lebih lama dicerna oleh tubuh, sehingga energi yang kita hasilkan lebih stabil.
  • Lemak Rendah. Kadar lemak yang dimiliki kacang hijau tersebut sangat rendah. Hal itu menyebabkan makanan yang berbahan dasar kacang hijau tidak mudah basi. Kandungan lemak tak jenuh sangat penting bagi kesehatan jantung.
  • Vitamin B1. Vitamn B1 yang terkanung dalam kacang hijau sangat bermanfaat bagi pertumbuhan, meningkatkan nafsu untuk makan, sumber energi bagi tubuh juga memaksimalkan sistem kerja syaraf.
  • Vitamin B2. Penyerapan protein dalam tubuh dapat dibantu dengan vitamin B2 ini. Sehingga tubuh lebuh gampang dalam menyerap protein.

Manfaat Kacang Hijau bagi Ibu Hamil

Kacang hijau sangat bagus untuk ibu yang sedang hamil. Selain  sangat bermanfaat bagi kesehatan, kacang hijau juga dapat mencegah berbagai macam penyakit. Kacang hijau memiliki kandungan Asam Folat yang sangat penting bagi ibu hamil. Sejak pertama memasuki masa kehamilan ataupun sebelum menginjak masa kehamilan kacang hijau sudah dapat dikonsumsi. Kandungan asam folat yang ada dalam kacang hijau sangat baik untuk perkembangan saraf bayi pada masa kehamilan. Kacang hijau ini memiliki manfaat yang dapat mengurangi resiko terjadinya kelainan jantung pada bayi, bibir sumbing, dan kecacatan lainnya. Selain dari itu asam folat berguna untuk meningkatkan kecerdasan pada bayi. [Yuni – WartaSolo.com]