Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Pecah-pecah. Berbagai penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah kaki pecah-pecah. Telapak kaki yang kulitnya terasa kaku dan kering kerap menimbulkan rasa tidak nyaman, khususnya ketika memakai sandal atau sepatu terbuka. Tak hanya itu, akan ada masalah yang timbul ketika beraktivitas atau berjalan, apalagi kalau kaki juga mulai pecah-pecah disertai rasa gatal dan perih sehingga sulit untuk berjalan. Apalagi bagi yang mempunyai kulit sensitif dan tak tahan dengan perubahan cuaca orang dengan jenis kulit kering cenderung lebih mudah mengalami hal ini.

Untuk mengatasi masalah kaki pecah-pecah, maka perlu diketahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya. Dengan demikian kita bisa meminimalisir atau bahkan mencegahnya.



Penyebab dari kulit kering dan pecah-pecah adalah sebagai berikut:

  • Cuaca Dingin
  • Penggunaan Sabun tanpa Moisturizer
  • Mandi dengan Air Panas
  • Faktor Usia
  • Kelebihan Berat Badan
  • Aktivitas Berlebih Menggunakan Kaki
  • Terpapar Air Terus-menerus
  • Menggunakan Alas Kaki yang Salah
  • Menderita Eksim
  • Menderita Diabetes
  • Berjalan/Berdiri di Permukaan Keras dan Kasar
  • Terpapar Bahan Kimia
  • Terpapar Sinar Matahari
  • Tingkat Kelembaban Rendah

Cara Mengatasi Kaki Pecah-pecah

Mengatasi kaki yang pecah-pecah sebenarnya tidaklah sulit kita hanya butuh ketlatenan dan kesabaran karena ada berbagai langkah sederhana dan alami untuk dicoba dipraktikkan. Berikut adalah beberapa cara untuk mengembalikan kelembaban dan elastisitas kulit kaki Anda yang pecah-pecah:

Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Pecah-pecah

Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis selain bisa menyembuhkan masalah tenggorokan ternyata juga bisa memulihkan dan mengembalikan kelembaban dari kulit kaki Anda yang berharga. Hanya dengan menyiapkan jeruk nipis yang telah tua dan membelahnya jadi dua, bahan alami ini sudah siap pakai. Langsung pakai untuk mengolesi bagian kaki yang pecah-pecah. Hati-hati dan bersiaplah untuk rasa perih yang kemungkinan Anda akan rasakan; dan demi mendukung hasil yang paling baik, pengobatan atau perawatan rutin lebih dianjurkan.

Menggunakan Gliserin dan Air Mawar

Kering di bagian kaki bukanlah masalah jika Anda menggunakan gliserin dan air mawar untuk merawatnya. Baik itu bagian tumit, jari maupun telapak kaki yang mengalami pecah-pecah, cukup gunakan campuran air mawar dan gliserin dengan mengoleskannya ke bagian yang kasar dan pecah-pecah tersebut. Hasil akan dijamin lebih maksimal ketika perawatan dilakukan setiap malam sebelum

Menggunakan Pisang

Buah kuning panjang bernama pisang ini selain enak dinikmati sebagai buah juga bisa dibuat menjadi ramuan ampuh mengatasi kaki pecah-pecah. Kandungan vitamin C di dalam buah pisang sangat tinggi sehingga sangat bisa diandalkan hanya dengan menghaluskan daging buahnya dan mengoleskannya ke bagian kaki kasar dan pecah-pecah. Pada proses pengaplikasiannya, berikan pijatan-pijatan lembut juga; bilas menggunakan air dingin setelah beberapa waktu.

Menggunakan Mentimun

Kaki yang pecah-pecah dapat diselamatkan dengan menggunakan mentimun sebagai obat di mana caranya hanyalah menghaluskan mentimun yang Anda siapkan. Aplikasikan ke kulit yang pecah-pecah tadi sambil dipijat-pijat bagian yang dioles itu. Melakukan perawatan semacam ini secara rutin akan sangat membantu Anda mendapatkan kembali kaki indah dan halus sebab kandungan air di dalam mentimun akan membantu melembabkan kulit kaki.

Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tapi juga sangat baik dalam menyehatkan kulit. Untuk kaki pecah-pecah, minyak zaitun mampu melembutkannya kembali dengan mengolesi area yang pecah-pecah secara rutin.

Menggunakan Alpukat

Setelah pisang, ada satu lagi buah yang sangat berguna dalam mengembalikan kelembaban kulit yang telah retak, yaitu alpukat. Tumbuklah buah alpukat yang sudah Anda beli dan siapkan sampai benar-benar halus atau blender-lah hingga berbentuk pasta. Selanjutnya, Anda bisa mengoleskannya ke area yang pecah-pecah; melakukannya setiap hari secara teratur akan lebih mudah mendapatkan hasil yang

Tips Tambahan untuk Mengatasi Kaki Pecah-pecah

Setelah Anda mengetahui beberapa ramuan dari bahan alami sebagai obat kaki pecah-pecah, mudah bukan untuk menyembuhkan kaki Anda yang bermasalah. Ada peribahasa “mencegah leih baik daripada mengobati” berikut tips untuk mencegah kulit kaki pecah-pecah.

  • Rajin-rajinlah membersihkan kaki karena meski menggunakan alas kaki, tetap saja kaki terkena kotoran dan berkeringat. Membersihkannya secara rutin sama dengan mencegahnya dari kondisi pecah-pecah yang serius.
  • Minum air putih 8 gelas atau 2 liter setiap harinya adalah cara terbaik untuk membuat kulit senantiasa terhidrasi dari dalam. Kekeringan adalah dampak atau efek kekurangan air putih bagi tubuh.
  • Menggunakan sabun yang mengandung pelembab atau moisturizer sangat dianjurkan agar kulit tidak mudah menjadi kering dan kasar yang akhirnya bisa pecah-pecah.
  • Memakai lotion atau pelembab setiap setelah mandi dan sebelum beranjak tidur akan membantuk agar kulit kaki Anda senantiasa lembab dan halus.
  • Menghindari berdiri maupun berjalan kaki dengan tidak mengenakan alas kaki juga penting. Kulit pecah-pecah bisa disebabkan oleh karena hal itu, maka selalu pakai alas kaki yang nyaman supaya tidak menimbulkan masalah kulit kaki.
  • Merendam kaki di dalam sebaskom air hangat adalah ide yang baik karena tidak hanya akan merilekskan diri, cara ini akan membuat sirkulasi darah ke kaki meningkat. Hal ini dapat dilakukan setidaknya 1 kali seminggu untuk membuat kaki tercegah dari kekeringan dan pecah-pecah.
  • Lindungi kaki saat mencuci pakaian supaya tak terkena air deterjen yang keras bagi kulit. Tak hanya itu, sebaiknya tidak berlama-lama berada di tempat basah nan lembab.

Demikian tadi penyebab, cara mengatasi dan sedikit tips untuk kulit kaki pecah-pacah. Semoga tulisan ini membantu pembaca yang memiliki kaki pecah-pecah atau sekedar info bagi pembaca semoga bermanfaat bagi pembaca. [Yuni – WartaSolo.com]